Ikuti kami

Facebook
Instagram
Instagram
Artikel Informasi Penting

AWAS!!! 9 Hal Penting Ini Harus Anda Bawa Saat Haji

Atas

Haji adalah salah satu rukum islam yang banyak orang Islam idamkan. Termasuk oleh Anda tentunya.

Nah, bagi Anda yang sedang sedang menunggu waktu keberangkatan haji, hendaklah mempersiapkan diri dengan baik. Mempersiapkan semuanya bahkan dari jauh-jauh hari. Mulai pola makan, kondisi kesehatan, dan mental. Hal ini untuk memudahkan Anda dalam pelaksanaan ritual haji, sehingga Anda dapat menjalankannya dengan maksimal.

Bila persiapan di atas sudah Anda lakukan, ada baiknya Anda juga mendata dan mempersiapkan dokumen keberangkatan. Ingat, satu hal saja yang terlupakan bisa membuat Anda kebingungan. Tidak mungkin juga kan, pesawat Anda minta untuk putar balik hanya untuk mengambil paspor Anda. Pastinya tidak.

Selain barang utama yang wajib dibawa, Anda juga harus membawa barang lain yang tidak kalah penting yang perlu Anda bawa antara lain:

1. Dokumen

1

Sumber gambar: https://phinemo.com/

Tiket dan paspor adalah yang nomor satu! Selalu periksa dua atau tiga kali untuk memastikan keduanya tak tertinggal. Dan pastikan juga Anda membawa salinan paspor serta visa. Jangan lupa pula kartu identitas Anda.

2. Selimut atau Mantel

2

Sumber gambar: http://www.selimutanak.com/

Selimut atau mantel akan sangat berguna bagi Anda, terutama untuk menjaga Anda dari cuaca yang dingin. Tentunya akan Anda butuhkan saat suhu udara yang mendadak berubah dingin terutama saat berada di Madinah.

3. Sandal jepit

3

Sumber gambar: https://cdn.hellosehat.com/

Ini penting dibawa untuk memudahkan jemaah melakukan aktivitas. Tapi simpan dengan baik sandal saat di Masjidil Haram maupun di Masjid Nabawi. Jangan memaksakan kembali ke pemondokan tanpa alas kaki.

4. Botol Air

4

Sumber gambar: http://2.bp.blogspot.com/

Meskipun di sana banyak di sediakan air minum, namun tetap saja akan lebih baik jika Anda membawa botol air minum sendiri. Hal ini untuk memudahkan Anda merasa dehidrasi. Jika diperlukan, Anda bisa juga membawa botol air ekstra untuk membawa air zam-zam.

5. Obat-obatan

5

Sumber gambar: https://zulliesikawati.files.wordpress.com/

Membawa obat-obatan, seperti obat cair, flu, pusing tidak ada salahnya meski jemaah akan mudah mendapatkan obat bila datang ke klinik haji. Namun, saat mendadak membutuhkan obat, jemaah dapat menggunakan milik pribadi.

6. Kantong Plastik

6

Sumber gambar: http://golgon.co.id/

Membawa kantong plastic (kresek) sangat diperlukan. Hal ini untuk memisahkan barang bawaan atau pakaian Anda yang sudah kotor agar tidak bercampung dengan yang masih bersih (suci).

7. Gunting Kecil

7

Sumber gambar: https://ecs7.tokopedia.net/

Agar tidak lama menunggu untuk tahallul ada baiknya jemaah membawa sendiri gunting kecil. Jangan sembarangan meminjam gunting karena ada saja yang memungut bayaran dari jasa pinjam gunting.

8. Uang untuk membayar dam, kurban, dan lain-lain

8

Sumber: https://arabic.arabianbusiness.com

Kebanyakan orang ketika hendak berangkat haji hanya menyiapkan uang untuk membawa oleh-oleh untuk sanak saudara. Sementara banyak yang lupa bahwa ada kewajiban untuk membayar dam. Oleh sebab itu, akan lebih baik jika uang ini Anda pisahkan.

9. Sajadah

9

Sumber gambar: http://sajadahbubu.com/

Ketika Anda hendak berhaji, Anda harus ingat bahwa tujuan Anda adalah beribadah. Oleh sebab itu akan lebih baik jika Anda juga membawa sajadah, sehingga ketika Anda ingin menunaikan sholat, Anda tidak perlu khawatir karena bisa Anda laksanakan dimana saja.

Nah itulah 9 perlengkapan haji yang harus Anda bawa. Beberapa persiapan lain yang memang Anda butuhkan, bisa Anda cek di www.bursasajadah.com Di sini Anda bisa mendapatkan keperluan haji tanpa perlu repot-repot keluar rumah.