Ikuti kami

Facebook
Instagram
Instagram
Artikel Tips

AWAS!!! 5 Hal Berikut Bisa Menyebabkan Kamu Gagal Berangkat Umroh. Nomor 3 Paling Mengkhawatirkan

Utama

INFOHAJI.co.id – Sahabat InfoHaji, gagal berangkat umroh merupakan momok yang luar biasa bagi banyak orang. Ibadah yang telah dinantikan sejak jauh-jauh hari ini dengan niat suci ternyata tidak selamanya berjalan mulus.

Apalagi beber waktu terakhir, banyak media memberitakan tentang jamaah umroh yang gagal berangkat ke tanah suci. Jumlahnya sendiri tidak main-main. Bukan lagi ratusan, tapi mencapai puluhan ribu jamaah.

1

Sumber: Kompas.com

Lalu sebenarnya apa yang menyebabkan mereka semua gagal berangkat umroh? Apakah karena memang murni kesalahan penyelenggara? Atau karena peraturan yang berubah?

Nah, 5 hal berikut adalah fakta yang bisa menyebabkan kamu gagal berangkat umroh yang berhasil tim InfoHaji rangkum:

Kendala Visa Umroh

2

Sumber: PT. SUTRA TOUR HIDAYAH

Salah satu penyebab yang bisa membuat jamaah gagal berangkat umroh adalah dikarenakan tidak keluarnya visa umroh. Dan ini merupakan kendala yang paling umum.

Seperti diketahui bahwa visa umroh dikeluarkan oleh Kedutaan Besar Arab Saudi. Tidak keluarnya visa ini bisa diakibatkan murni kesalahan pihak biro perjalanan umroh maupun dari pihak Kedutaan Besar Arab Saudi. Adanya kebijakan tertentu dari Arab Saudi seperti pengurangan jumlah jamaah umroh saat perluasan masjidil haram bisa menjadi salah satu contoh penyebab tidak keluarnya visa umroh.

Mengingat tidak sedikit kasus jamaah umroh gagal berangkat karena kelalaian dan “kenakalan” pihak biro perjalanan, maka sebaiknya calon jemaah berhati-hati dalam memilih biro perjalanan umroh. Cek keabsahan dan ijin resmi biro perjalanan yang akan digunakan di situs resmi Kementerian Agama.

Hal yang paling menyedihkan adalah gagalnya rencana ibadah umroh ke tanah suci yang telah diidamkan sejak lama.

Berkedok Investasi

3

Sumber: Catatan Mini

Meski umroh adalah perihal ibadah, tapi pelaku biro perjalanan umroh tidak semuanya memiliki niat menunjang ibadah. Ada juga yang justru memanfaatkan ini sebagai media mencari keuntungan belaka, salah satunya dengan berkedok investasi. Sebagai calon jamaah, kamu akan diminta mengumpulkan dana sekitar 7 hingga 13 juta rupiah terlebih dulu, dan dijanjikan berangkat dalam waktu kurang dari 5 tahun—dengan dalih dana yang kamu setorkan diinvestasikan terlebih dulu. Setelah itu, kamu akan dijanjikan bisa memanen hasil investasi dengan berangkat umroh. Namun pada kenyataannya, banyak calon jamaah yang gagal berangkat dan uang yang telah disetorkan pun hilang begitu saja. Karena itu, bagi kamu yang mengetahui umroh berkedok investasi, sebaiknya kamu segera melaporkan ke pihak berwajib. Atau minimal kamu tidak perlu percaya dan langsung mengabaikannya saja.

Harga Paket Umroh Terlalu Murah

4

Sumber: La Kawan

Harga paket umroh yang murah memang sangat menggiurkan sebagian jamaah. Kalau biasanya kita dengar harga paket umroh dibandrol dengan 25jt ke atas, salah satu penyedia umroh malah memberikan kisaran harga yang jauh berbeda. Misalnya 13-17 juta.

Dengan harga tersebut, sudah dipastikan bakal banyak calon jamaah umroh yang tertarik dengan tawaran paket umroh dengan harga super miring ini. Padahal harga paket umroh tersebut tidak mencukupi biaya perjalanan umroh, akibatnya jamaah bisa gagal berangkat.

Tidak Adanya Itenary Perjalanan dan Bukti Tiket

5

Sumber: Lembaga Perbaikan Keseimbangan

Bagi kamu yang ingin umroh, ada baiknya kamu mengetahui betul biro perjalanan yang baik dan amanah. Kamu pun secara selektif mencari tahu tentang jadwal perjalanan umrohnya. Misalnya tiket pesawat dengan kode booking yang sudah dikonfirmasi jadwal keberangkatannya oleh pihak maskapai penerbangan. Selain itu kamu juga berhak tahu itenary perjalanan yang diadakan biro tersebut. Jika biro perjalanan umroh tidak mampu menunjukkan kedua hal ini, lebih baik Anda urung memilihnya.

Sistem MLM

6

Sumber: Telusur Reload

Tidak banyak yang tahu bahwa ternyata banyak biro perjalanan umroh yang menggunakan sistem Multi Level Marketing (MLM) untuk merekrut calon jamaahnya.

Tentu kamu bisa bayangkan sebagaimana umumnya sistem MLM bekerja. Di sistem ini kamu harus mencari downline agar dapat berangkat umroh. Jika kamu tidak mampu mendapatkan downline yang sudah ditargetkan, maka uang muka yang sudah kamu bayarkan, dapat hangus dan terbuang sia-sia.

Nah, itulah 5 hal yang bisa menyebabkan kamu umroh gagal berangkat. Jadi, dengan 5 hal ini sebaiknya kamu bisa lebih berhati-hati dalam memilih biro perjalanan umroh.