Home » Arsip » Antrian Jamaah Haji Purwakarta Terpangkas 3 Tahun
  • iklan-perlengkapan-haji-square-1.jpg

Ikuti kami

Facebook
Instagram
Instagram

Dapatkan Produknya disini

Berita Haji & Umrah

Antrian Jamaah Haji Purwakarta Terpangkas 3 Tahun

berita haji 2017

Kebijakan pengembalian dan penambahan kuota sedikitnya telah memotong antrian panjang jamaah haji di Indonesia. Seperti halnya yang terjadi di Purwakarta. Sebelum adanya penambahan kuota, Purwakarta hanya kebagian jatah sebanyak 603 calon jamaah. Namun setelah adanya pengembalian kuota normal, pada tahun 2017 ini jumlah calon jamaah yang berangkat yaitu sebesar 758 orang.

“Saat ini daftar tunggu haji mulai berkurang. Dari tadinya, mengular sampai 16 tahun ke depan, kini mengalami penyusutan daftar tunggunya jadi 13 tahun lagi. Adapun jumlah calon jamaah yang hingga kini sudah mendaftarkan diri, mencapai 9.720 warga.” Ungkap Tedi Ahmad Junaedi , Plt Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Purwakarta Tedi Ahmad Junaedi.

Para calon jamaah sendiri, sekarang ini sedang sibuk melakukan tahap pelunasan. Ada dua tahap pelunasan, yaitu antara April-Mei dan Mei-Juni.  Selain tahap pelunasan, tahap lainnya adalah penyelesaian paspor.

Setiap tahunnya, Pemkab Purwakarta mengalokasikan subsidi untuk para calon jamaah haji. Subsidi itu, nilainya mencapai Rp 1 juta per orang. Anggaran itu, dialokasikan salah satunya untuk penyediaan transportasi dari titik kumpul di daerah menuju embarkasi.

“Kami juga melarang keluarga mengantar jemput calon jamaah haji ke titik kumpul,” ujar Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi.

Alasannya, pengantaran calon jamaah haji itu, akan menimbulkan kemacetan lalu lintas yang cukup lama. Selain itu, menimbulkan tindak kriminalitas, seperti, maraknya aksi pencopetan.

Solusinya, pemkab akan menjemput dan mengantar para calon jamaah dengan menggunakan kendaraan dinas ke rumah masing-masing. Lalu, mereka diantarkan ke titik kumpul yang telah ditentukan. Begitu pula, sekembalinya mereka ke tanah air. Keluarga tak perlu menjemput. Melainkan, para haji itu akan diantar ke rumah masing-masing oleh petugas.