Ikuti kami

Facebook
Instagram
Instagram
Artikel Informasi Penting

MASYA ALLAH! Ternyata Inilah Alasan Kenapa Banyak Orang Berlomba-Lomba Untuk Berdoa Di Raudhah, Tempat Paling Mulia Di Masjid Nabawi

Utama

INFOHAJI.co.id – Sahabat InfoHaji, tentang kenapa banyak orang berlomba untuk berdoa di Raudhah? Mungkin kamu juga bertanya-tanya terkait persoalan ini. Apalagi kalau kamu lihat, Raudhah hampir tidak pernah sepi dari peziarah.

Bahkan jika kamu lihat pada video di bawah ini, dimana ketika masjid Nabawi di buka, kamu bakalan terheran, karena saking banyaknya jamaah yang berebut untuk masuk dan menduduki posisi tertentu.

Lalu apa yang menyebabkannya? Untuk membahas masalah tersebut, kamu perlu untuk tahu apa itu Raudhah.

Secara bahasa, Raudhah artinya “taman’ yang menggambarkan kesejukan dan kenikmatan. Tentu saja yang dimaksud di sni bukanlah taman dengan area bermain. Tapi area antara rumah dengan mimbar Nabi sebagaimana yang disebutkan dalam hadis shahih Riwayat Bukhari:

مَا بَيْنَ بَيْتِى وَمِنْبَرِى رَوْضَةٌ مِنْ رِيَاضِ الْجَنَّةِ (رواه البخاري، رقم 1196 ومسلم، رقم 1391)

“Antara rumahku dan mimbarku terdapat taman di antara taman surga.”(HR. Bukhari, no. 1196 dan Muslim, no. 1391)

Kalau kamu perhatikan, pada hadits di atas ada penyebutan “taman surga”. Nah, di sinilah alasan kenapa banyak orang berlomba-lomba untuk berdoa di raudhah, tempat paling mulia di Masjid Nabawi. Banyak dari jamaah termotivasi untuk berburu tempat di depan kiri Masjid Nabawi ini. Baik intuk shalat maupun berdoa.

Tempat seluas sekitar 330 M persegi itu menjadi tempat yang tak akan dilewatkan para jamaah umrah atau haji yang berziarah ke Masjid Nabawi.

Secara khusus tim InfoHaji tidak menemukan dalil tentang keutamaan shalat atau berdo’a di Raudhoh selain pernyataan Rosulullah SAW dalam Hadits Riwayat Bukhori di atas. Namun fakta yang terjadi tempat antara “rumah” dan “mimbar” ini telah menjadi “buruan jama’ah” yang paling fenomenal.

Seperti kkita ketahui, rumah merupakan tempat beristirahat dan bernaung. Di tempat inilah kita semua membangun keluarga dan membina berumah tangga. Sepasang suami dan istri saling mencintai dan menyayangi sambil membesarkan buah hati tercinta.

Sementara mimbar menunjukkan akan arena perjuangan, arena berdakwah. Dari mimbar diserukan ajakan untuk beriman kepada Allah. Dari mimbar Rasulullah pondasi keberagmaan yang kuat, sosial yang baik, dan ber-Tuhan dengan cara benar. Banyak yang ditunjukkan oleh Rasulullah melalui mimbar. Maka antara “rumah” dan “mimbar” ada “taman surga”.

Semangat jamaah untuk shalat dan berdo’a di Raudhah memang luar biasa. Tentu perlu untuk kita memberikan apresiasi. Hanya saja, jangan sampai saling menyakiti untuk berebut memasuki Raudhah. Kita juga harus ingat bahwa diterimanya sebuah ibadah bukan semata karena faktor tempat. Pun sama saja dengan doa. Jadi, dimanapun kamu beribadah dan berdoa, tetaplah gunakan tatacara yang baik dan benar, sertakan juga kekhusyuan yang tinggi.