Ikuti kami

Facebook
Instagram
Instagram
Artikel

8 Manfaat Sujud yang Baik Untuk Kesehatan

nu.or.id

Sahabat InfoHaji, sebagai seorang muslim menunaikan shalat 5 waktu sudah menjadi kewajiban yang harus dilaksanakan. Selain menjadikan kita semakin dekat dengan Sang Pencipta dan menjadikan hamba yang lebih bersyukur, ternyata setiap gerakan shalat memiliki manfaatnya lho. Salah satunya gerakan sujud.

Nggak hanya sebatas gerakan, ternyata sujud memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh. Mau tahu apa saja? Info Haji punya ulasan selengkapnya berikut ini.

1. Melancarkan Aliran Getah Bening

Saat bersujud, maka anggota tubuh seperti dahi, hidung, lutut, kedua telapak tangan dan juga ujung kaki berada sejajar dengan tanah atau bumi. Nah, posisi tersebut tentunya berguna untuk melancarkan aliran getah bening ke beberapa bagian tubuh seperti ketiak, leher serta kepala.

2. Melancarkan Aliran Darah

Saat bersujud, gerakan seperti menungging tapi kedua tangan, lutut, ujung kaki, dan dahi menempel di lantai secara bersamaan, menyebabkan aliran darah menuju otak meningkat. Lalu, karena posisi jantung di atas otak, darah yang kaya oksigen tersebut bisa mengalir maksimal ke otak dan mempengaruhi daya pikir seseorang.

3. Melancarkan Persalinan

Saat sujud, posisi pinggul dan pinggang terangkat melampaui kepala dan dada, ini menghasilkan otot-otot perut (rectus abdominis dan obliquus abdominis externuus) berkontraksi penuh. Nah gerakan dalam kondisi ini akan melatih organ di sekitar perut untuk mengejan lebih dalam dan lama. Ini tentunya akan menguntungkan wanita karena ketika persalinan dibutuhkan pernapasan yang baik dan kemampuan mengejan yang mencukupi.

4. Melancarkan Pencernaan dan Cegah Wasir

Ketika sujud, maka kedua lutut akan ditekuk dan ini sangat berguna untuk mengatasi kejang atau kram otot yang sering terjadi pada kedua lutut. Selain itu, membungkukkan badan lalu meletakkan dahi di atas permukaan tanah merupakan cara yang baik untuk melancarkan pencernaan pada perut. Sementara, menungging dengan meletakkan kedua tangan, lutut, ujung kaki dan dahi berguna untuk mencegah terjadinya wasir.

5. Meningkatkan Kecerdasan Otak

Gerakan sujud secara teratur tentunya akan membuat pembuluh darah di otak semakin lancar mendapatkan pasokan oksigen. Ketika sujud, posisi jantung yang berada di atas kepala membuat darah mengalir dengan lancar menuju otak sehingga berbagai sel pada otak bisa berfungsi lebih baik dan menjadikan otak lebih cerdas.

6. Menghilangkan Pusing dan Migrain

Organ terpenting manusia yakni otak adalah pusat yang mengatur semua kegiatan. Organ ini akan mendapat pasokan oksigen serta darah yang lebih baik dengan melakukan sujud. Nah hal ini tentunya dapat menghilangkan atau mencegah pusing serta migrain, mempertajam akal dan pikiran sekaligus meningkatkan mental seseorang. Selain itu, pembuluh darah halus yang ada di otak juga akan mengalami tekanan berlebih sehingga dapat mencegah penyakit stroke.

7. Memperbaiki Fungsi Kelenjar Susu

Sujud menjadi salah satu bentuk olahraga yang baik untuk melatih beberapa otot pada tubuh, salah satunya dada pada wanita. Saat sedang sujud, maka beban tubuh bagian atas akan bertumpu pada lengan sampai telapak tangan dan ini membuat otot area dada wanita mengalami kontraksi sehingga kelenjar air susu pada wanita bisa diperbaiki. Hal tentunyan akan membuat ASI yang dihasilkan semakin banyak.

8. Mengurangi Cemas dan Stress

Gerakan sujud merupakan proses fisiologi yang sempurna sehingga otak bisa tetap terjaga sekaligus meningkatkan neurogenesis, plastasitas dan berbagai manfaat lainnya sehingga bisa membantu mengurangi rasa cemas berlebih, stress dan jua ketakutan akan sesuatu hal.

Sekarang sudah tahu, kan apa saja manfaat sujud untuk kesehatan? Jadi nggak ada alasan lagi untuk bolong-bolong ibadah kan?

Nah, untuk meningkatkan ibadahmu supaya lebih rajin. Bursa Sajadah memiliki berbagai jenis sajadah yang bagus-bagus lho. Salah satunya adalah Sajadah Sujud Handmade Sykava

Handmade Sykava kini hadir dalam ukuran sujud, 35 x 35 xm dengan berbagai pilihan warna menarik. Sajadah berbahan woll sintetis ini dilengkapi hand bag cantik & praktis, sehingga mudah dibawa kemana saja. Cocok dijadikan sebagai souvenir istimewa untuk dibagaikan kepada kerabat dan keluarga Anda!

So, tunggu apalagi? Yuk segera miliki Sajadah ini hanya di Bursa Sajadah, Sahabat!