Ikuti kami

Facebook
Instagram
Instagram
Artikel Informasi Penting

7 Waktu Terbaik Untuk Umroh. Nomor 3 Termasuk Waktu Paling Bikin Greget

Utama

INFOHAJI.co.id – Sahabat InfoHaji, umroh adalah merupakan ibadah yang hampir mirip dengan ibadah haji. Sebab umroh hanya bisa dilakukan di tanah suci. Di sini banyak menggunakan umroh tidak hanya untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt, tapi juga untuk travelling.

Selain itu, umroh memiliki perbedaan yang mendasar dengan ibadah haji. Salah satunya adalah bisa dilakukan kapan saja selama kita mampu dan siap secara materi maupun mental. Sementara untuk haji, waktunya ditentukan dan hanya bisa dilakukan setahun sekali.

Nah, karena ibadah haji hanya setahun sekali dan panjangnya masa tunggu haji hingga 15 tahun, tentu banyak orang yang memilih untuk umroh. Terutama bagi mereka yang memang sudah merasa sangat rindu berkunjung ke tanah suci.

Tapi dari semua waktu, ternyata ada beberapa waktu yang dianggap tepat untuk melaksanakan ibadah umroh. Musim umroh ini biasanya ditentukan oleh beberapa faktor seperti kondisi cuaca dan musim di Tanah Suci.

Nah sebelum berangkat umroh, ada baiknya kita tahu kapan saja waktu yang tepat untuk pergi ke Tanah Suci dan menunaikan ibadah umroh. Di antaranya,

1. Awal Tahun

1

Sumber: The New Yorker

Beberapa orang memilih berumroh saat awal tahun tidak lain karena berkeinginan untuk mengawali tahun baru dengan hal-hal yang positif dan bermanfaat dengan melakukan pendekatan diri kepada Allah. Selain itu, awal tahun merupakan kondisi dimana udara Tanah Suci pada siang hari tidak begitu panas. Hal ini tentu saja bisa membuat proses beribadah lebih nyaman.

2. Bulan Maret-Mei

2

Sumber: Merdeka.com

Perlu diketahui bahwa Arab Saudi memiliki dua musim: musim panas yang terjadi sekitar bulan Maret sampai Agustus, dan musim dingin yang terjadi sekitar bulan September hingga Februari. Pada puncak musim panas, suhu di Tanah Suci bisa mencapai 45 derajat celcius, sedangkan saat puncak musim dingin suhu bisa turun hingga minus 3 derajat.

Agar cuaca tidak mengganggu jalannya ibadah, berangkatlah saat kondisi cuaca tidak terlalu panas ataupun dingin. Yaitu sekitar bulan Maret sampai Mei. Pada bulan-bulan tersebut saat malam hari udara Tanah Suci tidak terlalu dingin sedangkan pada siang hari cuacanya cukup sejuk dan tidak terlalu panas. Dengan waktu seperti ini, Anda bisa lebih merasa nikmat saat menjalankan ibadah umroh.

3. Bulan Ramadhan

3

Sumber: Harian Analisa

Siapa yang tidak ingin merasakan nikmatnya menjalankan puasa di tanah kelahiran Rasulullah? Suasana bulan Ramadhan yang syahdu dan khusyuk membuat bulan ini menjadi waktu paling favorit untuk pergi ke Tanah Suci dan menunaikan ibadah umroh. Apalagi ada salah satu hadis yang menyebutkan bahwa pahala ibadah umroh saat bulan Ramadhan sama dengan pahala ibadah haji. Rasulullah SAW bersabda,

فَإِذَا كَانَ رَمَضَانُ اعْتَمِرِى فِيهِ فَإِنَّ عُمْرَةً فِى رَمَضَانَ حَجَّةٌ

“Jika Ramadhan tiba, berumrohlah saat itu karena umroh Ramadhan senilai dengan haji.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Untuk bisa pergi umroh saat bulan suci, pastikan Anda memesan travel dari jauh-jauh hari. Karena menjadi waktu favorit, pada bulan ini banyak jamaah yang mendaftarkan diri untuk berumroh. Sehingga biaya akomodasi dan transportasi bisa meningkat berkali-kali lipat.

4. Menjelang Musim Haji

4

Sumber: Ihram Asia

Menjelang musim haji biasanya jatuh sekitar bulan Syawal sampai bulan Dzulhijah. Pada bulan-bulan ini suasana Tanah Suci cukup sepi dan lengang sehingga banyak kesempatan untuk berdoa dan beribadah di tempat-tempat yang mustajab seperi Hijr Ismail dan Maqam Ibrahim tanpa harus berdesak-desakan dengan banyak orang.

5. Setelah Musim Haji

5

Sumber: Seputar Haji Umroh

Setelah musim haji, kota Makkah juga lebih tenang dan pstinya sepi. Sebab di sini baru saja usai dilaksanakannya ibadah akbar yang diikuti oleh umat manusia dari seluruh penjuru dunia. Nah, di sini Anda bisa memilih waktu ini untuk pergi ke Tanah Suci untuk melakukan umroh. Sebab di waktu ini Masjidil Haram juga terlihat lebih leluasa. Anda akan bebas berdoa di tepat yang Anda inginkan. Bahkan Anda akan dengan mudah untuk mencium Hajar Aswad tanpa harus berdesak-desakan dengan banyak orang.

6. Akhir Tahun

6

Sumber: http://NDTV.com

Selain Ramadhan, akhir tahun Masehi merupakan waktu yang juga banyak menjadi incaran para jamaah. Pada waktu ini banyak juga digunaan oleh orang untuk liburan ke luar negeri. Wajar jika di waktu ini, tiket akan melonjak. Karena itu Anda perlu mengatur waktu untuk pembelian tiket sejak jauh-jauh hari. Sementara bagi Anda yang hobinya travelling ke luar negeri, mending Anda mencoba untuk sesekali melihat dan merasakan pergantian tahun dengan beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

7. Saat Musim Liburan Sekolah

Nah, kalau Anda ingin melakukan umroh bersama keluarga atau anak-anak, Anda bisa memilih waktu liburan sekolah. Sebab di waktu ini, mereka memiliki waktu libur yang cukup panjang. Anda bisa ajak mereka untuk mengenalkan tempat suci dan tempat-tempat bersejarah. Hal ini juga bisa membuat mendekatkan mereka kepada agama Islam. Karena itulah, pergi ke Tanah Suci saat musim liburan sekolah dinilai sebagai waktu yang tepat untuk menunaikan ibadah umroh.

Itulah 7 waktu yang paling ideal untuk beribadah umroh. Semoga bisa menjadi referensi bagi Anda yang ingin menjalankan ibadah haji kecil ini.