Ikuti kami

Facebook
Instagram
Instagram
Artikel Tips

7 Perlengkapan Umroh Wanita yang Wajib Dibawa!

malindojogja.com

Mendapatkan kesempatan mengunjungi Tanah Suci merupakan salah satu momen yang paling diinginkan umat muslim. Selagi mendapatkan kesempatan tersebut, Anda tentu tidak akan menyiakannya. Berbagai persiapan dipersiapkan sebaik mungkin agar ibadah umroh dapat berjalan lancar, nyaman dan khusyuk.

Terlebih bagi kaum hawa, mempersiapkan segala keperluan untuk menunaikan ibadah umroh tentu akan lebih banyak dibandingkan kaum adam. Apa saja persiapan yang diperlukan oleh jamaah wanita? Simak selengkapnya di sini.

1. Persiapan Fisik

Ibadah umroh tentu melibatkan serangkaian aktivitas fisik, sehingga diharuskan tubuh dalam kondisi prima. Untuk para jamaah wanita, persiapan fisik yang bisa dilakukan adalah dengan rutin berolahraga. Tidak perlu latihan fisik yang berat, cukup melakukan jogging, jalan kaki atau senam kebugaran.

Selain itu faktor makanan juga cukup berpengaruh untuk menjaga kondisi tubuh. Pastikan tidak mengonsumsi makanan yang dapat menimbulkan reaksi alergi atau gangguan perncernaan dan imunitas menjelang keberangkatan ke Tanah Suci.

Usahakan juga tidak melakukan banyak aktivitas yang menguras tenaga, apalagi memaksa Anda tidur larut. Pastikan Anda memiliki waktu yang cukup untuk istirahat agar tubuh tetap segar dan bila perlu tambahkan multivitamin untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap bugar.

2. Persiapan Rohani

Tidak hanya persiapan fisik saja yang harus diperhatikan, namun persiapan mental atau rohani juga sangat diperlukan jamaah agar bisa beribadah dengan tenang. Jauhkan diri Anda dari segala pikiran-pikiran jelek yang bisa menganggu ibadah nantinya. Tetapkan niat beribadah semata-mata hanya karena Allah SWT. Banyak membaca doa-doa umroh, termasuk tata cara umroh dan lain-lain yang berkaitan dengan ibadah umroh.

Perbanyak pula amalan wajib dan sunnah agar semakin dekat dengan Allah SWT.

3. Membawa pakaian Ihram dan Cadangan

Pakaian ihram tentu wajib dibawa untuk menunaikan ibadah umroh. Baiknya bawalah pakaian ihram lebih dari satu. Hal ini dikarenakan Anda akan mengikuti rangkaian ibadah umroh yang cukup lama dan pakaian tersebut rentan kotor. Untuk warna pakaiannya sendiri, Anda bisa mengenakan warna lain selain warna putih. Yang terpenting pakaian tersebut dapat menutup aurat dengan sempurna, tidak membentuk lekuk tubuh serta dapat menjaga pandangan dari nafsu kaum adam.

4. Membawa Pakaian Non Ihram

Pakaian non ihram atau biasa disebut pakaian sehari-hari juga wajib dibawa. Pakaian ini bisa Anda gunakan ketika telah melakukan aktivitas ibadah. Tidak perlu banyak, bawa saja sesuai dengan kebutuhan Anda nanti. Anda bisa membawa dua hingga tiga stel pakaian non ihram. Jangan lupa juga pakaian yang dibawa harus menutup aurat, berlengan panjang seperti gamis, dress hingga lutut, tidak ketat dan membentuk lekukan tubuh.

5. Perlengkapan Obat

Membawa perlengkapan obat-obatan sangat diperlukan. Untuk berjaga-jaga dengan berbagai kemungkinan sakit yang tiba-tiba datang. Bawalah obat-obatan ringan seperti vitamin, obat flu, obat pusing, maag, obat batuk, anti diare, dan obat-obatan ringan lainnya. Jika Anda mengidap penyakit serius dan tengah mengonsumsi obat tertentu maka wajib dibawa juga.

6. Membawa Jaket, Kaos Kaki, dan Sepatu

Jaket dan kaos kaki menjadi salah satu keperluan wanita yang wajib dibawa apalagi saat musim dingin telah tiba. Selain itu, sepatu juga diperlukan untuk membuat Anda nyaman selama melakukan berbagai rangkaian ibadah. Pakailah sepatu tanpa tali agar Anda tidak kerepotan untuk memperbaiki ikatan sepatu yang lepas saat tengah beribadah.

7. Membawa Peralatan Pribadi

Terakhir adalah membawa peralatan pribadi seperti pembalut, pantyliner, payung, mukena untuk shalat berjamaah, seperangkat alat mandi seperti sabun, shampo, pasta gigi, sikat gigi dan pembersih wajah.