Ikuti kami

Facebook
Instagram
Instagram
Artikel Berita Haji & Umrah

7 Manfaat yang Didapatkan Ketika Umroh Di Usia Muda

syakirawisata.com/7-manfaat-umroh-usia-muda/

Melakukan ibadah umroh tentu menjadi keinginan umat muslim yang ingin disegerakan. Namun, biayanya yang cukup menguras kantong seringkali menjadi hambatan untuk segera menunaikannya. Mereka harus mengumpulkan uang terlebih dahulu. Lantas, sudah tidak heran lagi jika banyak yang baru bisa berangkat umroh ketika usia lanjut.
Padahal, berangkat umroh di usia muda sangat bagus lho. Daripada hanya sekadar liburan, lebih baik liburannya sambil ibadah ke tanah suci. Nah mau tahu apa saja manfaatnya? Simak infonya di sini.

1. Mengasah Jiwa Petualang

Masih muda, biasanya jiwa petualang masih tinggi. Maka tak ada salahnya memanfaatkan jiwa petualang Anda dengan melakukan umroh tanpa agen travel atau popular dengan istilah umroh backpacker. Anda nggak perlu melakukan prosedur standar yang biasa diterapkan seperti melewati agen travel atau Biro Umroh resmi yang mendapat izin dari Kementrian Agama.

Hanya saja, visa umroh tidak bisa didaftarkan secara perseorangan. Tapi buka berarti Anda tidak bisa. Anda bisa mengatur sendiri penggunaan tiket pesawat dan akomodasi hotel selama di tanah suci, bahkan tak jarang beberapa jamaah justru memanfaatkan pelataran Masjid sebagai sarana untuk beristirahat.

Banyak jalan menuju tanah suci. Apalagi dengan niat beribadah, jalan pasti akan dipermudah. Ditambah lagi dengan usia yang masih muda, Anda bisa mengembangkan semangat jiwa petualang yang positif.

2. Memohon Pencerahan Hidup dan Jodoh

Banyak tujuan yang diinginkan seseorang ketika berangkat ke Tanah Suci. Selain ingin berkunjung ke rumah Allah, biasanya para jamaah memohon agar apa yang diinginkan bisa cepat terkabul. Karena, banyak yang bilang kalau berdoa di Tanah Suci cepat dijabah. Jadi nggak ada salahnya kalau Anda juga memanjatkan doa di Tanah Suci. Berhubung di usia muda masih sering bingung dan galau dengan berbagai hal permasalahan hidup, maka melakukan umroh bisa jadi keuntungan. So, berdoalah dengan khusyu agar mendapatkan pencerahan hidup dan juga bisa mendapat jodoh.

3. Ibadah Lebih Maksimal Karena Kondisi yang Masih Fit dan Prima

Selain memanjatkan doa, hampir semua kegiatan ibadah umroh membutuhkan kegiatan fisik. Karena di sana Anda akan melakukan berbagai aktivitas padat dan tentunya sangat menguras tenaga. Contohnya saat melakukan tawaf mengelilingi ka’bah, mengelilingi dari Safa ke Marwa itu akan sangat menguras tenaga. Oleh karena itu, selagi masih muda melakukan ibadah umroh sangat pas. Ditunjang fisik serta tenaga yang masih kuat dan prima menjadi faktor utama kelancaran ibadah nanti.

4. Bisa Membantu Orang Lain dengan Menyumbangkan Tenaga Ketika Berada di Tanah Suci

Jamaah umroh sudah tentu banyak dan nggak hanya diikuti kaum muda. Orang tua bahkan terkadang anak-anak pun sudah mulai melakukan umroh. Biasanya, mereka hadir dalam satu rombongan.

Nah dari sinilah, tenaga Anda bisa dipergunakan dengan baik. Anda bisa membantu anak dan orang tua di saat mereka tengah mengalami kesulitan di tanah suci. Anda bisa membantu dalam bidang apapun. Contohnya saat mengelilingi Ka’bah, banyak orang tua yang tidak kuat berjalan maka Anda bisa membantunya dengan menuntunnya atau dalam bentuk bantuan lain. Tentu saja ini akan menambah pahala Anda selama umroh.

5. Melihat Orang-Orang yang Taat Pada Agama Sehingga Membuat Hati Akan Tergugah

Ketaqwaan memang tidak bisa di nilai dari luar maupun dari tempat ibadah saja, tapi setidaknya di Tanah Suci Anda akan disuguhi pemandangan orang-orang yang taat beribadah dari penjuru dunia. Bahkan terkadang mereka berdoa sambil menitikkan air mata seraya mencurahkan isi hati kepada Allah SWT tentang segala permasalahan serta permohonan. Pada titik inilah, Anda akan berasa sangat dekat dengan Allah SWT dengan berdoa di depan Ka’bah.

Di Tanah Suci juga Anda akan melihat orang-orang Arab Saudi yang sangat disiplin dalam beribadah. Ketika adzan sudah dikumandangkan, mereka akan segera menutup toko-toko dan berbondong-bondong menuju Masjid untuk menunaikan shalat. Hal ini tentu akan menggugah hati Anda untuk merubah diri menjadi lebih baik lagi, terutama dalam hal ibadah.

6. Memberikan Pengalaman Hidup dan Ilmu Agama

Sepulang dari umroh, Anda tentu mendapatkan banyak pengalaman serta ilmu yang berguna untuk diri sendiri maupun untuk orang lain. Nah dari pengalaman serta ilmu yang Anda dapatkan, anda bisa membagikannya kepada orang lain agar mereka pun ikut menjadi pribadi lebih baik.

Anda bisa membagikan pengalaman berupa kisah perjalanan yang Insya Allah dapat menginspirasi dan memotivasi orang lain untuk turut beribadah kesana.

7. Perubahan Hidup yang Lebih Positif

Mendapatkan perjalanan spiritual selama ibadah umroh tentunya akan memberikan efek positif untuk diri sendiri. Anda akan lebih memaksimalkan hidup untuk hal yang lebih bermanfaat seperti beribadah menjadi lebih rajin. Dan yang pasti Anda berusaha untuk meninggalkan hal-hal buruk yang pernah dilakukan sebelum ke tanah suci.