Ikuti kami

Facebook
Instagram
Instagram
Artikel

7 Manfaat Susu Unta, Nomor 7 bikin Geleng-Geleng Kepala

Utama

Susu unta jadi salah satu minuman yang bakal hampir banyak dicari. Bukan hanya sebagai oleh-oleh, susu unta juga banyak dicoba oleh para jamaah saat berada di tanah suci. Selain dikenal rasanya yang unik, susu unta juga memiliki banyak manfaat dibandingkan dengan susu sapi.

Di Timur Tengah sendiri, susu unta sering dikonsumsi oleh penduduk setepat lantaran memiliki khasiat yang luar biasa.

Hal ini diperkuat dengan data Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO), satu gelas susu unta kaya akan vitamin B, memiliki vitamin C tiga kali lebih banyak, dan 10 kali lebih banyak zat besi ketimbang susu sapi. FAO juga menyebutkan susu unta memiliki kandungan kalsium tujuh kali lipat lebih banyak ketimbang sarden. Tak hanya itu, susu unta juga rendah lemak.

Untuk mengetahui lebih lanjut kelebihan susu unta yang harus Anda pahami. Berikut ulasannya:

1. Mengontrol Diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang cukup tinggi diderita oleh masyarakat Indonesia. Tentu sangat memprihatinkan jika penyakit ini terus menerus dan secara konsisten memakan korban. Oleh sebab itu, untuk mengontrol diabetes tipe 1 Anda bisa menggunakan susu unta. Hal ini didasarkan pada hasil penelitian yang menyebutkan bahwa susu unta mengandung insulin yang mempunyai efek anti-diabetes di dalam tubuh. Apabila susu unta dikonsumsi sebanyak 0,5 liter maka akan mengurangi kebutuhan obat insulin sebanyak 30%.

2. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Khasiat yang selanjutnya dari susu unta mampu membantu dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan susu untuk memiliki sifat antimikroba yang kuat. Artinya jika Anda rajin mengonsumsi susu unta setiap hari, maka sistem kekebalan tubuh Anda akan meningkat. Anda juga akan terjaga dari penyakit infeksi.

3. Membantu perkembangan pada anak autis

Selain mampu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, susu unta juga diyakini mampu memberikan perkembangan pada anak autis. Jika diminum secara rutin, susu unta bisa secara signifikan membantu anak-anak autis agar keterampilan berkomunikasi dan membantu meningkatkan fungsi otak untuk bekerja lebih baik.

4. Mengatasi anemia

Susu unta mengandung zat besi tinggi untuk mencegah anemia. Besi adalah mineral penting yang meningkatkan sel darah merah dan memberikan oksigen ke organ dan jaringan tubuh. Setelah melahirkan anak, perempuan biasanya rentan mengalami masalah ini. Sehingga, Anda harus menjaga kesehatan dengan rajin minum susu unta yang sudah disterilisasi.

5. Sebagai suplemen kesehatan dan obat penyakit pernafasan

Meski Anda yang belum begitu familiar dengan susu unta, apalagi jika ini menjadi pengalaman pertama Anda mencoba susu unta, Anda tidak perlu khawatir, Sebab susu unta memiliki memiliki beragam manfaat lainnya, seperti digunakan untuk membersihkan darah, menyuburkan tubuh yang kurus, menghilangkan rasa was-was, dan mampu memberikan efek tenang. Jika Anda khawatir karena susu unta tidak seenak susu sapi, Anda salah. Justru sebaliknya susu unta memiliki rasa yang lebih enak. Bahkan Anda juga bisa meminumnya dengan mencampurkan madu untuk membersihkan kotoran perut yang bercampur dengan sisa makanan.

6. Mengandung protein hewani yang tinggi

Seperti yang diketahui bahwa susu unta mengandung lebih banyak protein hewani daripada susu kambing atau sapi. Protein ini dapat membantu merangsang pertumbuhan, perkembangan tulang, serta menjaga fungsi organ tubuh jadi lebih baik. Memang di Indonesia keberadaan susu unta masih minim, padahal sangat berkhasiat.

7. Mencegah penuaan

Nah, bagi Anda yang ingin tampil awet muda, jangan ragu untuk menggunakan susu unta. Sebab susu unta juga mengandung senyawa yang disebut asam alpha-hydroxyl, yang diyakini mampu menghilangkan garis-garis halus pada wajah. Susu unta juga bisa digunakan untuk mencegah keriput yang mulai timbul lantaran factor usia. Bagi perempuan yang meminum susu unta secara rutin, maka wajahnya akan tampak lebih cerah, kencang, dan sehat.

8. Obat Tradisional Bangsa Arab

Susu unta juga sering digunakan oleh bangsa Arab sebagai obat tradisional untuk mengobati berbagai penyakit. Menurut bangsa Arab, susu unta paling bagus digunakan sebagai obat yakni susu yang keluar 40 hari setelah melahirkan. Adapun susu unta yang baik adalah yang memiliki warna putih pekat, harum, rasa manis sedang, lezat, tidak terlalu kental, lemak sedang, dan diperah dari unta sehat.

Beberapa ahli juga menyebutkan bahwa susu unta dari peternakan unta Makkah bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung serta mengatasi permasalahan seksual, seperti impotensi dan kurangnya libido.