Ikuti kami

Facebook
Instagram
Instagram
Artikel Informasi Penting

7 Makanan Yang Wajib Di Coba Selama Umroh. Nomor 3 Paling Bikin Ngiler

Utama

INFOHAJI.co.id – Sahabat InfoHaji, kalau kamu sedang berada di Arab Saudi, pasti bakalan bingung mencari makanan yang wajib di coba selama umroh. Apalagi Negara Arab Saudi terkenal karena memiliki makanan dengan cita rasa yang luar biasa. Pastinya dengan sajian yang sehat, segar, kaya rempah, dan aromanya yang bakalan menggunggah selera.

Jadi wajar jika makanan khas Arab Saudi teryata cukup digemari. Sebab selain rasanya yang sangat lezat, tentunya makanan Arab Saudi ini dijamin kehalalannya. Sangat berbeda jika kamu berkuliner di Negara-negara lain, mau makan pun kadang takut tidak halal. Nah, di sini kamu tidak perlu khawati tentang masalah khalal. Sebab di Arab Saudi mayoritas umat muslim. Sama seperti di Indonesia.

Nah, berikut ini adalah makanan 7 makanan yang wajib di coba selama umroh:

1. Falafel

1

Sumber: CookBook by Plater

Dari gambarnya saja, kamu sudah pasti ngiler. Falafel ini dibuat dari kacang Arab yang digiling dan kemudian dipadatkan dan dibuat bola-bola kecil lalu digoreng menggunakan minyak panas. Falafel biasanya disajikan di dalam sebuah roti pipih mirip pita yang disebut lafa.

Makanan ini sangat mdah ditemukan di pinggir jalan. Kabarnya, Falfel paling banyak disukai dari jajanan yang ada lainnya, karena makanan khas arab saudi ini memiliki cita rasa yang sangat lezat.

2. Hummus

2

Juragan Gembul

Hummus adalah hidangan khas Levant (Negeri Syam) berupa pure, bubur, saus cocol, atau semacam selai gurih yang dibuat dari kacang Arab giling yang dicampur tahini (wijen giling), minyak zaitun, sari perasan limau, garam dan bawang putih.

Makanan ini sangat populer di seantero Timur Tengah, termasuk Turki, dan Afrika Utara. Biasanya makin mantap jika roti tradisional Arab ini juga disajikan bersama kentang panggang.

3. Halloumi Grilled

3

Diversivore

Makanan ini berbentuk lembaran kenyal yang nikmat terbuat dari susu kambing dan domba. Teksturnya seperti keju, namun pada proses pembuatan halloumi grilled ini tidak ditambahkan asam atau bakteri selama proses pembuatannya. Untuk rasanya sendiri, kamu tidak perlu khawatir. Sebab Halloumi Grilled menjadi makanan yang hampir disukai banyak orang, bahkan untuk yang pertama kali memakannya.

4. Meddamas Foul

4

Caroline’s Cooking

Dikutip dari Wikipedia, Meddamas Foul adalah sebuah dari kara oncet yang dimasak yang disajikan dengan minyak sayur, jintan putih, dan ditambah dengan potongan peterseli, bawang putih, bawang bombay, perasan lemon, dan cabai. Penyajiannya sendiri terbilang sangat menggiurkan, karena pada bagian atas ditaburi lelehan cokelat. Rasa dan teksturnya menjadi kesatuan yang nikmat dan lumer di mulut.

5. Mutabbaq

5

sivarajahganeson.blogspot.com

Kalau dari nama dan gambarnya, makanan ini tidak jauh seperti martabak telor yang kita tahu. Namun,
Makanan khas Arab Saudi ini merupakan versi berbeda dari pancake. Mutabbaq terbuat dari lapisan tipis kue yang dibungkus dan dilipat yang di dalamnya menggunakan campuran daging cincang, telur, peterseli, tomat, bawang, dan sedikit jalapeno pepper. Sensasi setiap gigitannya wajib kamu coba.

6. Luqaimat

6

Khyati Can Cook

Mungkin kamu asing dengan makanan ini. Tapi jangan salah, luqaimat makanan yang paling sering digunakan untuk menu berbuka puasa.

Luqaimat memiliki bentuk yang bulat, dengan tekstur yang renyah di luar namun sangat lembut di dalam. Legitnya membuat banyak orang yang menyukai makanan ini. Rasa legitnya Luqaimat ini berasa dari gula. Dan satu lagi, kudapan ini sangat populer di Mesir, Lebanon, Syria, dan Yordania.

7. Manakeesh

7

Sumber: نصف الدنيا

Mungkin kamu asing dengan makanan ini. Tapi jangan salah, luqaimat makanan yang paling sering digunakan untuk menu berbuka puasa.

Nah, kalau dari gambarnya kamu pasti tidak asing. Ya, Manakeesh makanan pizza yang berasal dari Arab Saudi. Manakeesh berbentuk roti bundar yang ditaburi keju, daging, dan sayuran pada bagian atasnya. Menu ini biasanya dinikmati masyarakat Arab Saudi sebegai sarapan atau untuk makan siang. Rasanya yang gurih dan sedikit pedas membuat menu manakeesh ini menjadi salah satu menu khas Arab yang cukup dikenal dunia.

Nah, itulah 7 makanan yang wajib di coba selama umroh. Jadi, apakah kamu sudah siap berwisata kuliner di tanah suci?