Ikuti kami

Facebook
Instagram
Instagram
Artikel

7 Keistimewaan Bulan Ramadhan yang Harus Anda Tahu!

7 Keistimewaan Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan tinggal menghitung hari dan tentunya bulan ini adalah bulan yang sangat ditunggu oleh umat muslim di dunia. Mengapa? Selain hanya dapat ditemui setahun sekali, tentunya terdapat banyak keberkahan serta keistimewaan di bulan ini. Mau tahu apa saja? Ini 7 keistimewaan bulan Ramadhan yang harus Anda tahu!

1. Al Qur’an Diturunkan

“Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil)” (Al Baqarah : 185).

Diturunkannya Al-Qur’an di dalam bulan Ramadhan sebagai petunjuk bagi manusia dari kegelapan menuju cahaya. Dengan kitab ini, Allah memperlihatkan kepada mereka kebenaran (al-haq) dari kebatilan.  Kitab yang di dalamnya terkandung kemaslahatan (kebaikan) dan kebahagiaan (kemenangan) bagi umat manusia, serta keselamatan di dunia dan di akhirat.

2. Pintu Kebaikan Dibuka

“Apabila telah datang bulan Ramadhan, pintu – pintu langit dibuka, sedangkan pintu – pintu neraka akan ditutup, dan setan dibelenggu” (diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim).

Ramadhan adalah bulan terbaik dimana kesempatan untuk berbuat amal kebaikan terbuka seluas luasnya dan tidak ada bulan dimana pintu kebaikan dibuka hingga seperti di bulan ramadhan dan memiliki banyak pahala. Selain itu pada bulan tersebut para setan dibelenggu dan diikat sehingga kekuatannya menjadi lemah untuk bisa menyesatkan orang-orang yang taat dan memalingkan mereka dari amalan yang shalih.

3. Bulan Pengampunan Dosa

“Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan dengan penuh iman dan mengharap pahala, maka akan diampuni dosa – dosanya yang telah lalu“ (diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim).

Allah akan mengampuni dosa hambaNya sebanyak apapun itu ketika ia bersungguh sungguh bertaubat dan menjalankan ibadah ramadhan dengan ikhlas. Maka jangan lupa untuk terus memperbaiki diri selama Ramadhan ya Sahabat.

4. Malam Lailatul Qadar

Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu Apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) Kesejahteraan sampai terbit fajar“ (Al Qadr : 1-5).

Tidak ada malam yang lebih indah dan lebih baik dari malam Lailatul Qadar dan malam itu hanya terdapat pada bulan ramadhan. Sehingga setiap harinya di bulan ramadhan wajib untuk selalu melakukan amal ibadah agar dapat bertemu dengan malam yang penuh dengan kebaikan tersebut.

5. Umroh di Bulan Ramadhan Seperti Haji Bersama Nabi

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

فَإِذَا كَانَ رَمَضَانُ اعْتَمِرِى فِيهِ فَإِنَّ عُمْرَةً فِى رَمَضَانَ حَجَّةٌ

“Jika Ramadhan tiba, berumrahlah saat itu karena umrah Ramadhan senilai dengan haji.” (HR. Bukhari no. 1782 dan Muslim no. 1256).

Melaksanakan ibadah Umrah ketika Ramadhan memang menjadi lebih spesial karena senilai dengan ibadah Haji bersama Nabi.

6. Waktu Dikabulkannya Doa

“Sesungguhnya setiap muslim pada tiap siang dan malam hari – pada bulan Ramadhan – memiliki doa yang mustajab“ (diriwayatkan oleh Al Bazzar dan dishahihkan oleh Albani). Bulan Ramadhan juga merupakan waktu yang terbaik untuk memanjatkan setiap doa sebab di bulan ramadhan terdapat banyak waktu yang mustajab untuk berdoa.

7. Malam Penuh Kebaikan

“Sesungguhnya bulan (Ramadhan) telah datang kepada kalian, di dalamnya terdapat sebuah malam yang lebih baik dari seribu bulan, barang siapa yang tidak mendapatinya maka ia telah kehilangan banyak sekali kebaikan“ (diriwayatkan oleh Ibnu Majah dan dihasankan oleh Al Mundziry).

Tidak ada malam yang lebih baik dari bulan ramadhan, barang siapa yang tidak mengisinya dengan kebaikan maka ia telah rugi sebab belum tentu di tahun depan ia akan bertemu kembali dengan ramadhan.

Nah Sahabat, jangan lupa untuk menjemput semua keistimewaan yang hanya ada di bulan Ramadhan ya!