Ikuti kami

Facebook
Instagram
Instagram
Artikel Informasi Penting

7 Fakta Rumah Rasulullah, Nomor 6 Bakal Bikin Kamu Merinding

gambar rumah nabi muhammad New subhanallah beginilah replika rumah dan isi didalamnya milik

INFOHAJI.co.id – Sahabat InfoHaji, jika kamu ingin tahu seperti apa kondisi dari rumah Rasulullah, kamu beruntung. Karena kali ini kamu bisa mengobati kerinduan akan Rasulullah melalui rumahnya. Bahkan, kamu bisa merasakan suasana yang menggambarkan kehidupan Rasulullah.

Tapi sebagai sosok nabi yang sangat disegani dan pemimpin negara, mungkin kamu berpikir bahwa rumah Nabi Muhammad SAW terbuat sangat mewah. Nah jika hal ini terbersit di pikiran kamu, berarti kamu harus menyimak ulasan penting seputar fakta rumah Rasulullah. Berikut ulasan selengkapnya:

1. Terletak Di Madinah

1

Sumber: Pena Minang

Rumah Rasulullah di Madinah terletak di pojokan Masjid Nabawi, tepatnya di tempat yang sekarang dijadikan makam Nabi SAW. Sebagaimana biasanya, semua nabi itu dikuburkan tepat di mana nabi itu meninggal dunia, demikian pula Nabi Muhammad SAW.

2. Luas Bangunannya Yang Kecil

2

Sumber: Dailymotion

Perlu kamu ketahui bahwa rumah Nabi Muhammad sangat kecil sekali, jika diukur panjangnya tidak lebih dari 5 meter dan lebarnya hanya 3 meter, sedangkan tinggi atapnya hanya sekitar 2,5 meter.

Hal utama yang menjadi patokan dalam menentukan ukuran luas rumah nabi adalah perkataan seorang sahabat Nabi Muhammad saw yang bernama Daud Bin Qais. Dalam kitab Shahih Adabul Mufrod karya Imam Bukhari katakan bahwa Daud Bin Qais berkata, “Saya melihat kamar Rasulullah saw, atapnya terbuat dari pelepah kurma yang terbalut dengan serabut. Saya perkirakan lebar rumah ini, kira kira 6 atau 7 hasta, saya mengukur luas rumah dari dalam 10 hasta, dan saya kira tingginya antara 7 dan 8. Saya berdiri di pintu Aisyah saya dapati kamar ini menghadap Maghribi (Marocco)”.

3. Tidak Memiliki Banyak Perabotan

3

Sumber: Youtube

Berbeda dengan rumah kita yang perabotannya sampai tidak muat, bahkan kadang kita kebingungan menaruh perabotan. Perabotan yang dimiliki oleh Rasulullah terbilang sangat sedikit, misalnya hanya beberapa saja untuk kebutuhan sehari-hari seperti masak. Untuk komponennnya sendiri, perabotan Rasulullah tidaklah mewah. Tidak terbuat dari emas atau tembaga. Alat tersebut pun ditempatkan oleh beliau berdekatan dengan tempat tidur. Hal ini dikarenakan ruangan dalam rumah beliau yang sangat kecil.

4. Terdapat busur panah sebagai hiasan dinding

4

Sumber: Youtube

Satu-satunya hiasan yang ada di rumah rasulullah adalah hiasan dindingnya berupa busur panah yang dibawahnya terdapat beberapa anak panah. Meski begitu, belum diketahui apakah perangkat memanah itu digunakan beliau untuk melawan kaum musyrik atau untuk kegiatan berburu saat itu. Selain itu juga terdapat tombak dibawah busur panah.

5. Bantal dan tempat tidur jauh dari kata mewah

5

Sumber: Youtube

Bukan hanya rumahnya yang sederhana, tempat tidur yang beliau gunakan pun juga sangat sederhana. Dan itu pun hanya satu tempat tidur yang kaki-kainya terbuat dari kayu. Di samping tempat tidur terdapat tikar kasar yang terbuat dari pelepah kurma.

Sementara bantal yang Rasulullah gunakan hanya terbuat dari kulit kasar yang berisi serabut ijuk kurma.

6. Tidak memiliki pintu

6

Sumber: Youtube

Jika kamu berpikir bahwa rumah Rasulullah berpintu sebagaimana rumah pada umumnya, penuh motif yang indah, dan cat yang mencolok, berarti kamu salah. Faktanya, rumah Rasulullah tidak demikin. Rumah Rasulullah justru tidak memiliki pintu. Rasulullah mengganti akses pintu dengan menggunakan sebuah tira yang terbuat dari kain berwarna gelap.

7. Lantai dan dindingnya terbuat dari tanah liat

7

Sumber: Youtube

Hal sederhana yang ditunjukkan oleh Rasulullah adalah lantai rumahnya. Bukan terbuat dari bahan mewah seperti marmer ataupun keramik, lantai rumah Rasulullah justru hanya terbuat dari tanah liat. Begitu pun pada dinding rumah Rasulullah.