Ikuti kami

Facebook
Instagram
Instagram
Artikel Tips

5 Tips Aman Agar Kamu Tidak Tersesat di Masjidil Haram

2

INFOHAJI.co.id – Sahabat InfoHaji, hal yang sangat kerap terjadi saat musim haji maupun umroh tiba, banyak dari jamaah yang tersesat di Masjidil Haram. Meskipun sudah dibekali petunjuk dan terdapat ketua rombongan pada setiap pelaksanaannya, fenomena tersesat di Masjidil Haram selalu saja terulang.

Luas masjid yang mencapai 400 ribu meter persegi dan perjalanan ibadah yang berat, membuat para jamaah akhirnya kebingungan dan tersesat saat keluar dari Masjidil Haram.

1. Hafalkan pintu masuk

1 (2)

Sumber: RENDEZVOUS ZEIDGEIST

Dalam kondisi normal, pintu masuk Masjidil Haram bisa digunakan juga untuk pintu keluar. Nah, bagi kamu yang sedang berumroh, sebaiknya mengingat nomor pintu agar tidak tersesat.

2. Manfaatkan Zamzam Tower

2

Sumber: Youtube

Bagi kamu yang merasa kebingungan, kamu bisa menggunakan Zamzam Tower atau Abraj Al Bait sebagai alat untuk menentukan arah. Gedung setinggi 601 meter ini terletak tepat di depan pintu King Abdul Aziz.

Saat kamu merasa bahwa pintu Masjidil Haram tidak memiliki perbedaan, cobalah untuk menengok ke atas dan melihat ke arah Zamzam Tower. Dengan cara ini kamu akan bisa bisa menjadi patokan arah pulang.

3. Datangi Petugas Sektor Khusus

3

Sumber: Haji Okezone

Jika kamu merasa sulit dan hampir menyerah karena tidak bisa membedakan pintu Masjidil Haram, kamu bisa bertanya kepada petugas sektor khusus. Mereka bekerja selama 24 jam dan sangat mudah mengenali petugas ini. Para petugas ini mengenakan seragam lengkap dan rompi dengan tulisan di punggung sebagai pengenal. Mereka juga dilengkapi alat komunikasi yang bisa membantu kamu menghubungkan kepada rombongan. Bahkan ada juga yang mengantar para jemaah ke terminal bus sholawat atau mengantar sampai ke pemondokan.

4. Pergi Berombongan

4

Sumber: Twitter

Ya, tips ini sangat mutlak kamu lakukan jika kamu tidak ingin tersesat di tanah suci. Sebab dengan pergi bersama rombongan, risiko kamu tersesat akan sangat kecil. Jadi usahakanlah untuk selalu bersama rombongan kamu. Jangan sampai terpisah. Jika memang kamu ingin pergi sendiri, usahakanlah untuk memberikan kabar kepada ketua rombongan, agar mereka tidak khawatir saat kamu tinggalkan.

5. Bawa Sandal

5

Sumber: Khazzanah Tour

Tips kelima ini juga mutlak kamu perhatikan. Sebab dengan kamu membawa sandal, kamu akan terbantu saat ingin keluar Masjidil Haram melalui pintu yang berbeda. Kamu bisa menggunakan tas khusus untuk membawa sandal atau kamu juga bisa memawa alas kaki yang melekat.

Fakta ditemukan bahwa banyak jemaah mengaku bisa keluar Masjidil Haram namun sayangnya mereka tidak bisa menemukan alas kakinya karena keluar tidak dari pintu yang sama. Hal ini kemudian menyebabkan para jamaah berusaha memaksakan diri untuk sampai ke terminal bus sholawat atau ke pemondokan dengan kaki telanjang. Hal demikian tentu saja sangat berbahaya karena kaki kamu bisa melepuh.