Ikuti kami

Facebook
Instagram
Instagram
Artikel Informasi Penting

5 Fakta Tentang Menara Jam Mekkah Abraj al-Bait Yang Bakal Bikin Kamu Terkesan

Utama

INFOHAJI.co.id – Sahabat InfoHaji, kamu tentu tahu menara jam raksasa, yang terletak tepat di depan pintu utama Masjidil Haram Makkah. Menara ini hampir menjadi pusat perhatian setiap tamu Allah yang sedang beribadah di tanah suci. Bahkan sering kali kemegahannya mengundang decak kagum.

Bangunan yang disebut juga sebagai Makkah Clock Royal Tower ini merupakan bagian dari bangunan komplek Abraj al-Bait. Nah, pada kesempatan kali ini, InfoHaji akan merangkum fakta menakjubkan seputar menara tersebut.

1. Menara jam paling tinggi di dunia

01

Sumber: amazonaws

Gak kebayang kan berapa tingginya menara ini? Menerut banyak sumber, menara yang selesai dibangun pada tahun 2012 ini diketahui memiliki tinggi 601 meter dari rencana pembangunan sekira 743 meter. Dengan demikian, menara jam Mekkah ini menjadi menara tertinggi pertama di dunia, mengalahkan ketinggian bangunan Menara jam The Big Ben di London. Sementara jika dari ketinggian, Makkah Clock Royal Tower menempati urutan ketiga setelah Burj Khalifa dan Shanghai Tower.

2. Dihiasi dua juta lampu LED

2

Sumber: Youtube

Apa jadinya kalau ada dua juta lampu LED menghiasi jam Abraj al-Bait? Pastinya gak bakalan gelap ya. Ya, menara yang secara khusus dirancang oleh arsitek dengan memakai dua juta lampu LED ini mampu menampilkan 21.000 cahaya yang terdiri dari warna hijau dan putih.

Jadi kalau malam hari, menara itu akan memancarkan warna hijau dan dapat dilihat dari jarak 17 kilometer. Sementara itu, pada malam hari, menara itu akan memunculkan warna putih dan hanya dapat dilihat dari jarak 12 kilometer.

3. Dipasangi Jutaan Kaca Mozaik

3

Sumber: saudibuzz.com

Kalau kamu merasa bahwa pesona Menara Jam Abraj al-Bait di Mekah begitu memesona dan tampak megah, itu wajar. Sebab setiap penjuru jam dipasangi dengan 90 juta kaca mozaik berwarna keemasan.

Keempat sisi menara juga dihiasi dengan tulisan Arab seperti kaligrafi dan shalawat. Sementara itu, tepat pada bagian atap menara terpampang tulisan Allah dalam tulisan Arab.

4. Menelan Biaya Fantastis

4

Sumber: shawglobalnews

Pembangunan menara itu tentu saja sudah memakan biaya yang fantastis. Bukan lagi hitungan miliar, tapi USD800 juta atau setara dengan RP10.6 triliun.

5. Terseda lift yang akan mengantar para pengunjung ke puncak

5

Sumber: archpaper

Buat kamu yang memang gak takut ketinggian, kamu bisa mencoba untuk naik ke atas dengan menggunakan list. Di ini sudah disediakan 2 lift yang akan mengantarkan kamu hingga ke sebuah balkon atau anjungan pengunjung yang terlektak lima meter di bawah jam.