Ikuti kami

Facebook
Instagram
Instagram
Artikel Informasi Penting

5 Cara Agar Umroh Bersama Anak Terasa Menyenangkan

Utama

INFOHAJI.co.id – Sahabat InfoHaji, siapa yang dalam waktu dekat ini berencana untuk umroh bersama anak? Jika jawaban kamu “IYA”, berarti kamu beruntung sekali. Karena pada kesempatan ini, tim InfoHaji akan memberikan 5 cara agar umroh bersama anak terasa menyenangkan.

Sebelumnya banyak sekali yang bertanya bahkan beranggapan bahwa bahwa mengajak anak untuk bisa pergi umroh adalah satu hal yang “sangat merepotkan”. Alasannya macam-macam, salah satunya adalah khawatir menggangu ibadah, dsb. Apalagi anak-anak dinilai belum waktunya melakukan umroh. Padahal, mengajak anak untuk ikut umroh merupakan sebuah pelajaran berharga loh.

Hanya saja, umroh bersama anak butuh persiapkan yang tidak sedikit. Jika berhasil, umroh bersama anak akan bisa memberikan dampak positif yang luar biasa. Lalu apa sih yang harus kamu persiapkan agar umroh bersama anak terasa menyenangkan?

Berikut ini adalah tips yang dirangkum oleh tim InfoHaji, Agar Umroh Bersama Anak Terasa Menyenangkan:

1. Memilih Jadwal yang Pas

1

Sumber: Arabian Business

Untuk bisa umroh dengan anak, kamu juga perlu memastikan jadwal umroh. Jangan sampai udara di sana sedang dingin-dinginnya atau dengan tingkat panas yang luar biasa. Kamu juga perlu memastikan bahwa umroh tidak mengganggu kegiatan mereka.

Misalnya, jika mereka belum sekolah, kamu bisa mengajak umrah pada bulan Safar, sebab suasana di Masjidil Haram lebih sepi serta cuaca di Tanah Suci pun masih belum pada puncaknya.

Namun jika mereka sudah bersekolah, kamu bisa mengajak mereka untuk umroh pada saat liburan sekolah, baik di akhri semester genap maupun semester ganjil. Ini juga bisa membuat mereka tidak ketinggalan pelajaran

2. Persiapkan dana

2

Sumber: La Kawan

Bagi kamu yang umroh bersama anak, pastikan dana yang kamu bawa cukup. Bukan hanya dana untuk perjalanan umroh saja, tetapi dana yang dipersiapakan untuk umroh. Misalnya dana pengurusan paspor, suntik vaksin, hingga membeli perlengkapan yang akan di bawa ke tanah suci. Untuk perlengkapan ini, bisa membeli sesuai dengan ukuran sang anak. Misalnya, mulai dari sajadah tanggung, hingga kain ihram. Hal ini juga bisa membuat mereka terasa tidak dibedakan.

3. Persiapkan Fisik

3

Sumber: Oregon State University

Ingat, bahwa umroh itu layaknya haji. Bahkan ada yang mengatakan bahwa umroh adalah haji kecil. Jadi sangat penting bagi kamu untuk mempersiapkan fisik sebaik mungkin. Pun demikian, fisik anak kamu. Jangan sampai masalah fisik membuat kamu gagal menuntaskan rangkaian ibadah umroh.

Pastikan kamu dan anak mulai berolahraga secara teratur, karena rangkaian ibadah umroh memerlukan kekuatan fisik yang prima.

4. Bawa mainan kesayangan

4

Sumber: Motherhood.com

Meski terlihat sederhana, mainan akan membuat mereka tentram. Terutama saat-saat waktu luang. Mereka pun akan lebih kooperatif saat di perjalanan dan di pemondokan. Mereka pun tidak akan rewel minta pulang hanya karena ingat pada mainannya.

5. Bawalah kereta dorong

5

Sumber: Blibli.com

Ibadah umroh memang tak sepanjang dan selama ibadah haji. Namun, ibadah ini sama-sama memerlukan fisik yang kuat. Karena itu, kamu disarankan untuk membawa kereta dorong. Ini akan mengurangi frekuensi kamu menggendong anak.

Nah itulah bebrapa tips yang harus kamu pastikan sebelum menjalankan ibadah umorh bersama anak tercinta. Segera rencanakan dari sekarang, persiapkan juga dengan matang, sehingga ibadah umroh kamu sekeluarga, bisa berjalan lancar