Home » Arsip » 42 Jemaah Kloter 02 Tidak Melaksankan Miqat
  • iklan-perlengkapan-haji-square-1.jpg

Ikuti kami

Facebook
Instagram
Instagram

Dapatkan Produknya disini

Berita Haji & Umrah

42 Jemaah Kloter 02 Tidak Melaksankan Miqat

haji

42 Jemaah Kloter 02 Embarkasi Banjarmasin Tidak Melaksanakan Miqat di Bir Ali

Miqat merupakan salah satu wajib haji yang menandai batas dimulainya ibadah haji atau umroh dimana jamaah diwajibkan untuk memakai pakaian ihram dan membaca niat. Apabila tidak dikerjakan maka hajinya tetap sah, namun diharuskan untuk membayar dam (denda).

Salah satu wajib haji ini hampir tidak dilaksanakan oleh 42 jemaah kloter 02 dari Banjarmasin, karena supir bus yang membawa mereka dari Madinah ke Makkah tidak singgah terlebih dahulu di Bir Ali. Peristiwa ini terjadi pada Sabtu (19/8) malam sampai Minggu (20/8) dinihari. Ditengah perjalanan, para jemaah mulai bertanya-tanya kenapa bus yang membawa mereka tidak kunjung berhenti, padahal jarak dari Madinah ke tempat miqat hanya sekitar 15 menit.

Sadar bahwa Bir Ali sudah terlewat, para jamaah meminta supir bus untuk memutar balik ke Bir Ali namun tidak digubris. Dan akhirnya sopir tetap ngotot membawa para jamaah masuk ke Makkah tanpa miqat terlebih dahulu di Bir Ali.

Kasus ini akhirnya ditangani dengan sigap oleh petugas Daker Makkah. Petugas berusaha untuk mengambalikan para jemaah ke Bir Ali, agar mereka bisa melaksanakan miqat. Namun proses pengembalian jamaah yang sudah terlanjur masuk Makkah ke Bir Ali tidaklah mudah, dibutuhkan proses birokrasi yang lama dan kemungkinan kena biaya tambahan. Akhirnya, lewat upaya keras yang dilakukan oleh Daker Makkah, para jamaah bisa kembali ke Bir Ali untuk melakukan miqat pada hari Senin (21/08/2016) pagi, tepat pukul 08.00 WAS.

Para jemaah pun tak kuasa menahan haru dan kebahagian akhirnya bisa melaksanakan miqat dan umrah, setelah dua hari menunggu tanpa bisa ke Masjidil Haram. Proses keberangkatan jemaah ke Bir Ali, dihadiri oleh Kadaker Makkah Arsyad Hidayat dan sejumlah tim pembimbing ibadah.