Ikuti kami

Facebook
Instagram
Instagram
Artikel Berita Haji & Umrah

3 Hal Penting Yang Perlu Anda Lakukan Saat Pulang Dari Haji

Sejumlah jamaah calon haji berjalan menuju pesawat saat pemberangkatan kloter terakhir Embarkasi Boyolali di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tengah, Kamis (17/9). Menurut data Panitia Penyelanggara Ibadah Haji (PPIH), Embarkasi Boyolali telah memberangkatkan 26.482 jamaah calon haji yang terbagi dalam 75 kloter dari daerah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta ke Tanah Suci Mekkah melalui Bandara Adi Soemarmo Boyolali. ANTARA FOTO/ Aloysius Jarot Nugroho/NZ/15.

Setelah beribadah lebih dari satu bulan lamannya, jamaah haji Indonesia akan pulang ke tanah air. Bertemu dengan keluarga tercinta. Setelah sekian hari mengerjakan ibadah, tentu mereka berharap agar hajinya diterima Allah

Biasanya, salah satu tanda haji yang diterima adalah kebaikan dan amal ibadahnya selalu bertambah. Ini disebut dengan haji mabrur, atau layaknya seorang bayi yang baru lahir (suci). Hal ini merupakan keistimewan yang diberikan Allah kepada orang yang beribadah haji dengan baik dan sempurna.

Nah, pada saat tiba di kampung halaman, ada beberapa hal yang dianjurkan untuk mengerjakannya:

1. Memberi Hadiah

1

Sumber gambar: https://www.participaction.com

Hadiah atau oleh-oleh kini seolah-olah wajib harus dibawa setelah berpergian. Di Indonesia, oleh-oleh dapat berwujud makanan, souvenir atau apapun yang memiliki kenang-kenangan ikonik dari suatu daerah yang baru dikunjungi. Meski begitu, membawa oleh-oleh merupakan suatu amal yang justru dianjurkan oleh Rasulullah.

Meski begitu, untuk oleh-oleh sendiri tidak harus Anda bawa dari tanah Arab langsung. Hal ini tentu akan membuat kepulangan Anda akan terganggu. Beberapa oleh-oleh khas Timur Tengah pun sudah banyak tersedia di Indonesia. Baik itu Zam-zam, kurma, kismis, tasbih, kacang Arab, dsb. Anda bisa mencari oleh-oleh ini secara lengkah di Bursa Sajadah.

2. Shalat Sunnah

2

Sumber gambar: http://www.panjimas.com

Hal yang tidak kalah penting lainnya adalah Anda dianjurkan untuk mengerjakan shalat sunnah qudum, yakni shalat yang disunnahkan untuk dilakukan setelah selesai melakukan perjalanan (pulang dari bepergian). Nah, Anda bisa melakukan shalat qudum dua raka’at di masjid atau mushola yang dekat dengan rumah.

Adapun untuk caranya seperti shalat sunnah pada umumnya. Sementara niatnya:

ﺃُﺻَﻠِّﻲ ﺳُﻨَّﺔَ ﺍﻟﻘُﺪﻭْﻡِ ﺭَﻛْﻌَﺘَﻴْﻦِ ﻟِﻠّﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

Artinya: “Aku niat sholat sunah qudum dua roka’at karena Allah Ta’ala”

3. Naqi’ah

3

Sumber gambar: https://www2.kemenag.go.id/

Bagi keluarga yang Anda tinggalkan, sangat perlu untuk mengadakan naqi’ah atau penyambutan kepada orang yang purna dalam menunaikan ibadah hajinya. Sebagaimana pada umumnya diketahui, pada saat naqi’ah biasanya banyak orang datang untuk menjenguk. Sangat dianjurkan kepada mereka untuk mengucapkan:

قَبَّلَ اللهُ حَجَّكَ وَغَفَرَ ذَنْبَكَ وَأَخْلَفَ نَفَقَتَكَ

Artinya: “Semoga Allah menerima hajimu, diampuni dosamu, dan Allah mengganti biaya perjalananmu.