Ikuti kami

Facebook
Instagram
Instagram
Artikel Tips

3 Cara Memilih Kain Ihram, Agar Haji Anda Lebih Nyaman

Utama

Ihram merupakan salah satu wajib haji. Ihram dilaksanakan sebelum Anda memasuki kota Makkah. Karenanya untuk bisa berihram, Anda diharuskan menggunakan kain khusus yang disebut kain ihram yang memiliki panjang 230cm dan lebar 120cm.

Untuk memakai kain ihram, ada tempat khusus yang telah ditentukan. Nah, tempat ini disebut dengan Miqot.

Para jamaah laki-laki, diharuskan menggunakan kain Ihram saat melaksanakan Haji dan Umroh. Mengingat cuaca atau iklim di sana memiliki perbedaan, Anda perlu memilih kain Ihram yang baik agar mudah menyerap keringat sehingga ibadah Anda bisa dilaksanakan dengan penuh kenyamanan. Berikut ini adalah cara memilih kain ihram:

1. Model Handuk

1

Sumber: http://rajahanduk.com/

Jenis kain ihram bisa dikatakan beraneka ragam, ada yang terbuat dari katun, dan ada juga yang terbuat dari handuk. Namun, kain ihram berbahan handuk adalah kain yang paling banyak digunakan oleh para jamaah. Karena kain ini dianggap mampu menyerap keringat lebih banyak saat musim panas tiba, dan bisa menjadi penghangat pada musim dingin.

2. Warna Putih

2

Sumber: https://2.bp.blogspot.com/

Untuk pilihan warna pastikan Anda memilih kain yang berwarna putih. Mengapa? Karena kain ihram berwarna putih merupakan kain terbaik yang dianjurkan oleh Rasulullah. Sebagaimana dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad. “Sebaik-baiknya pakaian kalian adalah putih”. Meskipun demikian, Anda tetap diperbolehkan menggunakan kain ihram yang tidak berwarna putih. Hanya saja hukumnya mubah (boleh).

3. Dari Bahan Katun dan Rayon

3

Sumber: http://1.bp.blogspot.com/

Bahan katun dan rayon adalah bahan yang paling direkomendasikan saat Anda melakukan ihram. Sebab dengan kain campuran antara katun dan rayon dapat membuat kulit Anda bernapas. Dan ini adalah salah satu kelebihan dibanding Anda memilih katun murni. Untuk karakteristik kain rayon sendiri biasnaya bertekstur lembut dan halus. Bahan jenis ini juga sangat cocok digunakan saat iklim panas di Arab Saudi berlangsung. Jadi penggunaan kain ini akan lebih efektif untuk menyerap keringat dan Anda pun akan merasa nyaman saat beraktivitas di suhu udara yang panas.