Ikuti kami

Facebook
Instagram
Instagram
Berita Haji & Umrah

106 Jamaah Haji Ilegal Filipina Siap Dipulangkan

haji

Melalui Kementrian Luar Negeri, pemerintah terus berupaya untuk menyelesaikan permasalah haji ilegal yang menimpa ratusan Warga Negara Indonesia (WNI) yang kini ditahan di Filipina. WNI tersebut, diduga memakai paspor Filipina palsu guna menjalankan ibadah haji di Tanah Suci Makkah-Arab Saudi. Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah yaitu dengan mengutus beberapa tim untuk mengecek keadaan para jamaah tersebut.

“Sejak 18 September lalu tim Kemlu sudah di sana untuk memberi bantuan pada WNI yang kemungkinan pulang melalui Manila,” ungkap Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Arrmanatha Nasir, di Jakarta, Kamis (6/10/2016).

Tercatat ada 106 WNI yang terdiri dari 27 pria dan 79 wanita dengan mayoritas umur 41 tahun sampai dengan umur 60 tahun. Kini 105 diantaranya telah berada di KBRI Manila dan satu orang lainnya masih ditahan karena ingin menemui puteranya yang merupakan WN Malaysia yang juga ditahan di detensi imigrasi Filipina. Mereka baru diperbolehkan pulang, apabila proses administrasi telah tuntas.