Ikuti kami

Facebook
Instagram
Instagram
Artikel Informasi Penting

10 Tanda Anda Dehidrasi Saat Laksanakan Haji

Utama

Dehirasi merupakan sebuah kondisi yang tidak banyak disadari oleh sebagian orang. Termasuk para jemaah haji. Padahal ketika Anda mengalami dehidrasi, banyak sekali aktivitas Anda yang berjalan tidak maksimal. Mulai tidak semangat dalam menjalankan ibadah, fokus, badan terasa lemas hingga terasa sakit. Bahkan bukan hanya itu saja, belakangan ini dehidrasi juga dianggap sebagai masalah serius karena telah banyak memakan korban jiwa.

Seperti yang diketahui bahwa tubuh manusia terdiri atas 70 persen air. Tubuh membutuhkan air yang cukup. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk mengenali tanda-tanda dehidrasi.

1. Kelelahan

1

Sumber: freepik

Ini adalah salah satu tanda pertama dehidrasi pada orang dewasa. Akibatnya, ibadah atau aktivitas yang Anda lakukan tidak bisa maksimal dan pikiran Anda pun akan sulit untuk fokus.

2. Otot kram

2

Sumber: freepik

Kram otot bisa terjadi ketika tubuh Anda kurang mendapat cairan atau ketidakseimbangannya elektrolit.

3. Pusing

3

Sumber: freepik

Pusing merupakan tanda lain dehidrasi. Parahnya, bukan hanya pusing yang Anda alami, Anda juga bisa pingsan akibat dehidrasi. Tandanya, tubuh Anda terasa melayang-layang saat beralih posisi (dari duduk ketika hendak berdiri).

4. Mulut Kering

4

Sumber: Banjarmasin Post

Ketika Anda haus dan tidak minum air, mulut akan mengering secara alami. Mulut kering adalah salah satu tanda awal dehidrasi.

5. Mata Kering

5

Sumber: hellosehat.com

Tanda yang cukup terasa ketika Anda dehidrasi adalah mata terasa kering. Hal ini disebabkan mata kekurangan pelumas karena kurangnya cairan air dalam tubuh. Pada situasi ini (cairan tubuh kurang) Anda juga tidak bisa meneteskan air mata.

6. Suhu Tubuh Meningkat

6

Sumber: thepanicchannel

Suhu tubuh Anda akan naik sedikit dan cenderung berkeringat. Setelah berkeringat selama beberapa menit, tubuh mungkin kehabisan air dan ini akan meningkatkan suhu tubuh.

7. Urine berwarna pekat

7

Sumber: Ber1ta.com

Ketika Anda mengalami dehidrasi, ginjal akan berusaha untuk menghemat air atau menghentikan produksi urine. Akibatnya ketika Anda buang air kecil, Anda akan melihat fenomena urine berwarna menjadi lebih gelap atau kuning pekat.

8. Berdebar-debar

8

Sumber: cdn.hellosehat.com

Ketika terjadi penurunan aliran darah dan perubahan kadar elektrolit karena dehidrasi, biasanya jantung Anda akan terasa berdebar-debar atau berdetak lebih kencang. Jika jantung berpacu lebih kencang dari pada seharusnya, maka akan berakibat fatal.

9. Elastisitas Kulit

9

Sumber: upstation.id

Kurangnya cairan juga bisa menyebabkan kulit Anda kehilangan elastisitasnya. Anda bisa mencoba untuk mencubit kulit di punggung tangan Anda. Jika cairan dalam tubuh Anda kurang, saat dicubit lalu dilepaskan, gerakannya akan terlihat lambat.

10. Sembelit

10

Sumber: freepik

Sembelit merupakan penyakit yang cukup mengganggu. Jika sudah sembelit, biasanya banyak orang mengeluh perutnya terasa tidak nyaman, bahkan terasa sakit ketika Buang Air Besar (BAB). Hal ini bisa disebabkan ketika tubuh Anda kurang cairan.

Nah, itulah 10 hal yang harus Anda perhatikan. Jangan sampai akibat kurang cairan, ibadah Anda jadi tidak khidmat. Jika terjadi salah satu tanda bahwa Anda sedang dehidrasi, segera atasi dengan minum air zam-zam terdekat, sehingga ibadah Anda bisa berjalan normal kembali.